by

5 Jenis Cabai Segar Paling Banyak Dicari

Bagi masyarakat Indonesia, cabai tidak akan ditinggalkan dari bumbu setiap masakan. Sensasi rasa pedas yang ditimbulkannya membuat masakan semakin terasa lezat.

Dalam suatu masakan ada yang menggunakan lebih dari satu cabai. Karena masing-masing memiliki fungsinya tersendiri.

Nah, di Indonesia ada beberapa jenis cabai yang selalu dicari untuk bumbu cabai tersebut. Langsung saja simak beberapa jenis bumbu cabai tersebut!

  1. Cabai Rawit

Cabai yang berukuran kecil ini ada yang berwarna merah, dan hijau. Biasanya yang warnanya merah digunakan untuk membuat sambal, dan berbagai masakan lainnya yang membutuhkan rasa pedas yang kuat.

Warna merah ini merupakan warna cabai yang sudah matang. Sedangkan cabai yang masih muda warnanya hijau. Cabai yang masih muda ini sangat digemari sebagai teman untuk makan gorengan.

Di masyarakat sendiri ada berbagai jenis cabai rawit. Mulai dari cabai rawit ceplik, jemprit, dan masih banyak jenis rawit lainnya, dan masing-masing daerah memiliki sebutannya sendiri-sendiri.

  1. Cabai Besar

Cabai jenis ini memiliki ukuran yang besar dan panjang. Kulit dari cabai ini lebih tebal, dan mempunyai rasa yang tidak terlalu pedas.

Biasanya cabai ini digunakan untuk masakan tumis, dan juga sambal. Warna merah pada cabai ini akan membuat warna masakan semakin memikat.

Cabai ini juga biasanya digunakan sebagai hiasan pada makanan. Caranya dengan dipotong sedemikian rupa, dan diletakkan di atas masakan atau di bagian samping untuk plating.

  1. Cabai Keriting

Cabai ini memiliki ukuran yang panjang namun dengan bentuk yang keriting atau berkelok-kelok. Cabai jenis ini memiliki rasa yang relatif lebih pedas dari cabai besar, namun tidak lebih pedas dari cabai rawit.

Masakan Padang banyak menggunakan cabai ini sebagai bumbu masakannya. Karena itu, banyak orang menyebut cabai keriting sebagai cabai Padang.

Penggunaan cabai keriting ini juga banyak digunakan untuk sambal. Warnanya yang merah dan juga rasa yang pedas membuat sambal akan terasa lebih pedas.

  1. Cabai Putih

Seperti namanya, cabai ini berwarna putih. Namun semakin tua, cabai ini akan berubah warna menjadi agak kekuningan hingga jingga.

Ukuran dari cabai ini seperti halnya cabai rawit, namun agak lebih besar sedikit. Namun ada salah satu jenis cabai putih besar yang disebut sebagai cabai Manado.

Cabai inilah yang banyak digunakan untuk masakan Manado. Salah satu masakan yang paling terkenal dan menggunakan cabai ini adalah tinorangsak.

Namun, banyak juga masakan lainnya yang menggunakan cabai ini. Meski sensasi pedasnya tidak sepedas cabai rawit, namun ukuran pedasnya relatif lebih tinggi dari jenis cabai keriting maupun cabai besar.

  1. Cabai Paprika

Paprika merupakan tanaman yang masuk dalam kategori cabai. Berbeda dengan jenis cabai sebelumnya, rasa paprika cenderung lebih manis, karena itu dinamakan sweet chili pepper.

Ada dua jenis paprika, yaitu dengan ukuran besar, dan ukuran kecil. Paprika besar rasanya lebih manis, sedangkan paprika kecil terasa manis dan ada sedikit rasa pedas.

Kamu bisa mendapatkan berbagai jenis cabai dalam kondisi masih segar dengan mudah di TaniHub. Disini disediakan berbagai hasil pertanian lokal yang terjaga kualitasnya dan dengan harga murah.

Layanan pengiriman di TaniHub sangat cepat. Sekarang kamu memesan, besok akan langsung tiba di alamat tujuan. Selain itu, banyak promo yang bisa kamu dapatkan, mulai dari diskon, gratis ongkir, dan lain sebagainya.

Jadi, dapatkan cabai kesukaan kamu sekarang juga di TaniHub.

News Feed