by

7 Langkah Cuci Tangan dengan Baik

Mengapa Anda harus cuci tangan?

Ada banyak orang yang berpikir bahwa mencuci tangan sesering mungkin akan membuang waktu mereka. Namun, mereka tidak menyadari bahwa tangan merupakan awal dari berkembangnya bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit yang bisa saja menular. Tahukah Anda bahwa dengan mencuci tangan secara teratur adalah salah satu faktor yang paling penting untuk selalu menjaga kesehatan? Mengapa? Berikut alasannya.

  1. Anda tidak bisa melihat kuman

Sifat dari bakteri, kuman, dan virus memang microscopic. Itu artinya, bahwa Anda tidak bisa untuk melihat mikroorganisme ini dengan menggunakan mata telanjang. Perlu alat tersendiri untuk memastikannya. Meski demikian, bukan berarti mereka tidak ada.

Justru mikroorganisme ini tersebar di mana-mana. Termasuk dalam benda-benda terdekat Anda, yang kemungkinan besar sudah terkontaminasi. Baik smartphone, laptop, meja, sepatu, ataupun tas.

Bisa juga dari berbagai aktivitas yang Anda lakukan. Entah itu Anda sedang bersin, batuk, atau Anda terlibat kontak dengan hewan. Untuk itu penting bagi Anda untuk selalu cuci tangan setelah melakukan aktivitas, karena kuman pasti akan tersebar di mana-mana meskipun Anda tidak dapat melihatnya dengan mata telanjang.

  1. Kuman menjadi sumber penyakit

Proses berpindahnya kuman bisa berlangsung dengan cepat, baik dari orang ke orang lainnya atau memang dari benda yang sudah terkontaminasi. Jika sudah masuk ke bagian dalam tubuh, ada kemungkinan mereka akan mengganggu sistem imun atau kekebalan tubuh.

Hal ini biasanya akan membuat Anda sakit atas reaksi adanya infeksi di dalam tubuh oleh bakteri, kuman, atau virus.

  1. Mencegah penyebaran kuman

Salah satu cara yang paling efektif untuk tetap sehat selalu yaitu dengan cara mencuci tangan dengan baik dan benar. Bagaimanapun, tangan memang sering digunakan untuk menyentuh bagian-bagian tubuh lain. Tanpa terasa Anda akan menyentuh pipi, mulut, hidung, atau mata. Jika tangan Anda terlihat kotor, maka kuman yang ada bisa sangat cepat untuk tersebar.

Jika teknik tersebut sudah sesuai, maka Anda bisa membersihkan kuman dan menghalanginya untuk semakin menyebar. Berbagai jenis bakteri yang ‘terhalangi’ jalannya bisa berupa MRSA yang menyebabkan infeksi, clostridium difficile yang menyebabkan diare, ecoli yang menyebabkan infeksi saluran kencing, atau salmonela yang menimbulkan gejala sakit perut atau mual.

  1. Murah

Berapa biaya yang Anda habiskan saat Anda berkunjung ke rumah sakit untuk berobat? Pasti tidaklah murah. Mencuci tangan pastinya membutuhkan ‘modal’ yaitu berupa kesadaran diri, sabun, dan air sudah cukup. Cobalah untuk menjadi lebih disiplin lagi untuk mencuci tangan agar Anda tetap terlihat sehat, ini merupakan cara yang paling mudah dan murah untuk mencegah Anda menjadi sakit.

Ada 7 langkah cuci tangan yang baik dan benar!

Cuci tangan 7 langkah merupakan salah satu cara membersihkan tangan yang sesuai dengan prosedur yang paling benar untuk membunuh kuman yang menjadi penyebab datangnya penyakit. Dengan Anda mencuci tangan pakai sabun baik itu sebelum makan atau pun sebelum memulai untuk melakukan suatu pekerjaan, itu akan menjaga kesehatan pada tubuh Anda dan mencegah adanya penyebaran penyakit melalui kuman yang menempel di tangan Anda.

Pengertian dari 7 Langkah Cuci Tangan adalah sebagai salah satu tata cara dari mencuci tangan menggunakan sabun untuk membersihkan sela-sela jari – jari, telapak dan punggung tangan dari semua kotoran yang menempel, baik itu berupa kuman serta bakteri jahat penyebab datangnya penyakit.

Cara Untuk Mencuci Tangan 7 Langkah Pakai Sabun Yang Baik dan Benar!

  1. Basahi kedua telapak tangan Anda yaitu sampai pertengahan lengan dengan menggunakan air yang mengalir, lalu ambil sabun kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan Anda secara lembut
  2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan Anda secara bergantian
  3. Jangan lupa untuk menggosok bagian jari-jari tangan, kemudian gosok sela-sela jari Anda hingga dipastikan bersih
  4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkan
  5. Gosok secara memutar pada bagian kedua ibu jari Anda secara bergantian
  6. Letakkan ujung dari jari Anda pada bagian telapak tangan kemudian gosok secara perlahan
  7. Bersihkan kedua pergelangan tangan Anda secara bergantian dengan cara memutar, kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan Anda dengan menggunakan air bersih yang mengalir lalu keringkan memakai handuk atau tisu.

News Feed