by

Bagaimana Cara Menjaga Sepeda Motor dengan Baik

Anda mungkin berpikir menjaga kebersihan Honda sama mudahnya dengan menggosok bekas pakai sabun dan air, tetapi ada beberapa dos dan tidak boleh diingat.

Pastikan Anda membersihkan Sepeda Motor Anda secara teratur untuk melindungi Mesin Motor permukaan akhir, dan memeriksa kerusakan, keausan, dan kebocoran oli atau minyak rem. Hindari produk pembersih yang tidak dirancang khusus untuk permukaan sepeda motor atau mobil.

Mereka mungkin mengandung deterjen keras atau pelarut kimia yang dapat merusak logam, cat, dan plastik sepeda Anda. Jika mesin masih hangat setelah digunakan, ambil secangkir teh dan tunggu sampai mesin dan sistem pembuangan mendingin.

Jangan gunakan semprotan air bertekanan tinggi (seperti yang Anda temukan di pencucian mobil yang dioperasikan dengan koin). Air bertekanan tinggi (atau udara) juga dapat merusak bagian-bagian sepeda motor Anda.

Pencucian

Bilas sepeda Anda secara menyeluruh dengan air dingin untuk menghilangkan kotoran yang terlepas. Bersihkan dengan spons atau kain lembut menggunakan air dingin. Jangan menyemprotkan air ke outlet muffler dan komponen listrik. Lakukan menyemprotkan anak-anak kecil di sekitarnya.

Bersihkan bagian plastik menggunakan kain atau spons yang dibasahi dengan larutan deterjen dan air ringan. Gosok bagian yang kotor, bilas perlahan dengan air segar. Berhati-hatilah agar cairan rem atau pelarut kimia tidak menyentuh permukaan rem, karena akan merusak area plastik dan cat.

Bagian dalam lensa lampu depan mungkin kabur setelah Anda selesai mencuci. Aktifkan lampu ke balok tinggi dan Anda akan melihat kondensasi kelembaban di dalam lensa lampu secara bertahap menghilang. Ingatlah untuk menghidupkan mesin sambil tetap menyalakan lampu.

Setelah dibersihkan, bilas motor sampai bersih dengan banyak air bersih. Ini karena residu deterjen yang kuat dapat merusak bagian paduan. Keringkan sepeda, nyalakan mesin, dan biarkan bekerja selama beberapa menit (ini adalah kesempatan yang bagus untuk mengagumi hasil karya Anda).

Bagaimana cara Menjaga Sepeda Motor dengan Baik?

Uji rem sebelum mengendarai. Anda mungkin perlu memompanya beberapa kali untuk mengembalikan kinerja pengereman yang normal. Lumasi rantai penggerak segera setelah Anda selesai mencuci dan mengeringkan sepeda motor.

Anda mungkin mendapati bahwa pengereman kurang responsif segera setelah dicuci. Itu sebabnya adalah ide yang bagus untuk memberikan jarak pemberhentian yang lebih lama untuk mengurangi kemungkinan kecelakaan.

Sentuhan akhir

Setelah mencuci sepeda motor Anda, pikirkan tentang menggunakan pembersih semprot / cat komersial atau cairan berkualitas atau pasta lilin untuk menyelesaikan pekerjaan. Pastikan untuk hanya menggunakan semir atau lilin non-abrasif yang dibuat khusus untuk sepeda motor atau mobil. Dan pastikan Anda membaca instruksinya!

Perawatan roda aluminium dicat

Bagian-bagian aluminium dari sepeda Anda dapat menimbulkan korosi dari kontak dengan kotoran, lumpur, atau garam jalan. Bersihkan roda setelah melewati salah satu zat ini. Gunakan spons basah dan deterjen ringan. Hindari sikat yang kaku, wol baja, atau pembersih yang mengandung bahan abrasif atau senyawa kimia.

Setelah Anda mencuci sepeda, bilas dengan banyak air dan keringkan dengan kain bersih. Oleskan cat touch-up ke roda jika Anda menemukan area yang rusak.

Perawatan pipa knalpot

Pipa knalpot terbuat dari baja tetapi bisa ternoda oleh minyak atau lumpur. Anda dapat menghilangkan noda panas dengan cairan abrasif.

Merawat mesin Anda

Pastikan Anda tidak menyemprotkan air ke bantalan Sepeda Motor. Ini dapat menyebabkan kelembaban, yang dapat menyebabkan korosi. Selama musim dingin, ide bagus untuk menyemprot bagian aluminium yang tidak dicat, seperti rumah engine dan transmisi, dengan semprotan pelindung transparan. Anda dapat menghilangkan tanda-tanda korosi yang ada dengan wol baja bersabun. Bagian logam telanjang dapat dibersihkan dan dilindungi dengan cat kromium.

News Feed