by

Beberapa Keuntungan Bisnis Token Listrik yang Harus Kamu Ketahui

Listrik adalah kebutuhan utama dan tanpa kehadirannya kehidupan akan sulit berjalan seperti biasa. Mengingat peran penting tersebut, seiring perkembangan teknologi, PT. PLN memudahkan pelanggannya dengan adanya meteran listrik prabayar. Pelanggan PLN meteran listrik pascabayar yang dulu harus cek tagihan listrik setiap akhir bulan, kini ada meteran listrik prabayar yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Semudah membeli pulsa untuk ponsel.

Meski efisien, seperti produk pada umumnya, meteran listrik prabayar atau biasa disebut token listrik, mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri. Apa saja sih, bisnis bayar listrik dan kekurangan token listrik? Yuk, cari tahu di bawah ini, ya!

Lebih Bebas

PLN memberi tenggat waktu untuk membayar listrik pascabayar pada tanggal 20 setiap bulannya. Jika tidak membayar hingga batas waktu yang ditentukan, PLN akan memberikan sanksi. Hal ini tentu berbeda dengan token listrik yang bisa diisi sesuka hati, nominal berapa pun semampu kamu, tanpa harus memikirkan tenggat waktu pembayaran. Kamu jadi bisa menyesuaikan biaya listrik sesuai kemampuan.

Ditambah, jika listrik di rumah tidak terpakai, kamu hanya tidak perlu membeli pulsa. Beda dengan listrik bulanan 900 watt yang mengharuskan kamu membayar Rp18.000 setiap bulannya meski listrik tidak dipakai. Untuk rumah yang memiliki daya 1300 watt, kamu tetap wajib membayar minimal 40 jam pemakaian meski listrik tidak dipakai.

Lebih Canggih dan Aman

Seperti yang kita ketahui, teknologi telah menciptakan meteran digital untuk pengguna token listrik. Sementara meteran listrik bulanan masih berupa analog. Selain lebih modern, dari segi keamanan, token listrik lebih baik daripada listrik bulanan. Meteran token listrik telah dilengkapi indikator otomatis untuk mengecek apakah instalasi kabel sudah terpasang dengan benar atau belum.

Indikator akan menyala sebagai peringatan sehingga resiko kebakaran akibat korsleting listrik lebih rendah. Fitur canggih lainnya adalah token listrik juga dilengkapi alarm yang akan berbunyi jika pulsa hampir habis.

Meteran Sensitif dan Mudah Rusak

Seperti halnya alat digital canggih lainnya, meteran token listrik pun lebih sensitif dan mudah rusak. Kerusakan bisa disebabkan oleh server PLN yang error, meteran terblokir karena salah memasukkan kode, hingga resiko kebakaran jika pada saat pemasangan alat tidak dilakukan dengan baik. Karena sensitif itu, baiknya kalian sangat berhati-hati saat menggunakan meteran listrik prabayar ya.

Tidak Bisa diisi Tengah Malam

Nah, ini yang mungkin sering terjadi. Pulsa listrik habis tengah malam dan seluruh sistem layanan mengalami cut off. Pembelian pulsa listrik memang tidak bisa dilakukan mulai dari pukul 23 hingga 02.00 dini hari. Jadi, semisal listrik kalian kehabisan pulsa di tengah malam, baiknya sabar dulu ya. karena pada jam tersebut, server PLN pusat sedang melakukan pemeliharaan sehingga proses transaksi akan dilakukan setelah pukul 01.00. Namun, beli token listrik pada jam tersebut juga susah, toko sudah pada tutup? Tenang, kalian beli di aplikasi Payfazz. Mudah dan praktis hanya dari ponsel kalian.

Bagi kamu pelanggan listrik pascabayar, kamu juga bisa cek tagihan listrik via Payfazz, lho! Canggih, kan? Pada akhirnya, listrik prabayar maupun pascabayar, semuanya memiliki kekurangan dan kelebihan. Sesuaikan dengan kebutuhanmu saja!

News Feed