by

Beberapa Persiapan Setelah Memilih Paket Umroh Surabaya

-Agama-233 views

Ibadah umroh merupakan ibadah Sunnah dan termasuk salah satu impian umat Islam. Meski jaraknya memang cukup jauh dari Indonesia, namun pada kenyataannya banyak yang berusaha agar dapat menjadi “tamu” menuju Baitullah. 

Di Indonesia sendiri peminat ibadah umroh tidak sedikit. Di berbagai daerah bahkan banyak yang mendirikan travel umroh. Hal ini membuktikan bahwa umroh memang diminati. Jika Anda merupakan salah satu warga Surabaya tentu saja akan memilih travel umroh Surabaya yang terpercaya. Jika Anda berencana untuk ke Baitullah maka sebaiknya memperhatikan beberapa persiapan, diantaranya: 

Pilihan Waktu yang Tepat

Hal pertama yang harus disiapkan sebelum memutuskan untuk daftar keberangkatan adalah tentang pemilihan waktunya yang  benar-benar tepat. Sesuaikan jadwal keberangkatan dengan waktu yang tersedia, karena proses ibadah dan perjalanan dapat memakan waktu yang cukup panjang.

Anda dapat mempertimbangkan dengan cara melihat keadaan cuaca Tanah suci, dan juga pada bulan-bulan tertentu saat high season bagi jamaah. Jika Anda seorang pekerja maka sebaiknya Anda sudah mendapatkan izin dari kantor Anda. Selesaikan semua pekerjaan sebelum keberangkatan agar Anda dapat beribadah dengan khusyu’. Bagi yang bekerja di lembaga pemerintahan, maka sebaiknya memperhatikan bagaimana aturan cuti kantor yang berlaku pada lembaga tersebut.

Kondisi Tubuh yang Benar-benar Siap

Persiapan selanjutnya setelah mantap memilih travel umroh Surabaya terpercaya adalah persiapan tentang kesehatan. Tubuh yang fit dan sehat akan membuat pelaksanaan ibadah pun berjalan dengan baik dan bisa lebih khusyuk. Persiapan tersebut bisa berupa olahraga, menjaga pikiran dan juga asupan makanan yang baik bagi tubuh. 

Mulailah untuk melakukan latihan beberapa bulan sebelum hari keberangkatan. Hal ini karena cuaca yang berbeda jauh antara Indonesia dan Saudi Arabia. mengingat kondisi cuaca di Saudi Arabia. Salah satu tips yang cukup ampuh adalah hindari untuk langsung minum air dingin manakala sudah sampai di Tanah suci agar tubuh dapat beradaptasi dulu terhadap terlebih dahulu dengan suhu lingkungan.

Persiapkan Pakaian

Selanjutnya Anda dapat menyiapkan baju yang merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk persiapan ibadah di baitullah. Selain itu siapkan pula pakaian jenis lainnya yang akan sangat dibutuhkan saat berkunjung ke tempat lain di Madinah atau Mekah. Kebutuhan yang harus disiapkan untuk perjalanan umroh sekitar 9 hari jika paket umroh reguler, 12 hari atau bahkan 17 hari jika disertai dengan i’tikaf pada bulan ramadhan. 

Buatlah perkiraan satu paket pakaian dapat digunakan untuk dua hingga tiga hari agar pakaian yang dibawa dalam koper tidak terlalu banyak. jangan lupa untuk membawa kacamata hitam mas kadang juga sayang berguna untuk melindungi wajah dari paparan tubuh saat melakukan aktivitas di luar ruangan. Jaket yang terbang sebaiknya di bawah jika melakukan ibadah pada musim dingin.

Peralatan untuk Kebersihan Diri

Persiapan yang cukup penting dan tidak boleh ketinggalan adalah peralatan untuk pembersihan mandiri misalnya alat mandi. Tentu saja ini akan sangat bermanfaat agar tubuh terjaga kebersihan dan kesehatannya misalnya saja dengan membawa sabun.

Sebenarnya Anda juga bisa membeli peralatan mandi di tanah suci. Namun beberapa perlengkapan hanya cocok untuk kulit tertentu saja maka sebaiknya Anda mempersiapkan perlengkapan yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Dokumen Diri yang Dibutuhkan

Mengunjungi luar negeri, maka harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang dalam hal ini sesuai dengan ketentuan atau peraturan Saudi Arabia. Buku kuning untuk meningitis, paspor dan lain-lain sebaiknya dipersiapkan dari sejak awal. Paspor biasanya berlaku hingga 5 tahun, maka tak ada salahnya untuk menyiapkan mulai dari sekarang walaupun Anda baru berangkat sekitar tahun depan atau bahkan 2 tahun lagi. 

Itulah beberapa persiapan yang harus dilakukan saat akan berangkat dengan travel umroh Surabaya yang Anda pilih. Anda dapat mengunjungi https://umroh.com/paket/kota/surabaya agar mendapatkan informasi lengkap seputar umroh. Semoga bisa bermanfaat.