by

Berikut Beberapa Istilah yang Perlu Diketahui Seputar Virus Corona

Virus corona merupakan virus baru yang diketahui sebagai virus yang menyerang tenggorokan dan saluran pernafasan. Sehingga seperti diketahui bahwa virus ini dapat menyebabkan masalah pada saluran pernafasan seperti misalnya flu, batuk, sakit tenggorokan, dan juga sesak nafas. Untuk efek parah dari virus ini adalah bisa mengalami paru-paru yang penuh dengan cairan sehingga membuat pasiennya dapat meninggal dunia. Virus ini memang menjadi masalah bersama, sehingga tidak heran apabila misalnya Anda bisa melihat berita dan informasi mengenai corona. Seperti misalnya yang ada di Halodoc yang menyediakan info mengenai penyebab, cara penyebaran, cara pencegahan, dan juga perkembangan terbaru yang bisa Anda lihat dalam fitur terbaru mengenai coronavirus. Selain itu di dalam perkembangannya juga ada beberapa kata yang sangat akrab di telinga kita karena kemunculan virus ini. Adapun untuk beberapa istilah yang perlu diketahui tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pandemi

Sudah diketahui bahwa status untuk corona saat ini adalah merupakan pandemi global. Dimana virus ini bukan lagi sebuah epidemi karena kondisi penyakit menular yang dapat menyebar dengan cepat ke banyak orang di satu wilayah tertentu saja. Walaupun awalnya virus ini berasal dari Wuhan, tetapi pada perkembangannya corona menjadi sebuah fenomena global karena dapat ditemukan di banyak negara. Sehingga statusnya menjadi pandemi yaitu penyakit yang tersebar secara global dan mempengaruhi hingga ke seluruh dunia.

  • ODP

Istilah selanjutnya yang juga Anda dengar dalam kasus corona adalah mengenai ODP. ODP sendiri adalah Orang Dalam Pengawasan yang banyak sekali orang yang berada dalam status ini. Bagi yang termasuk ke dalam ODP adalah orang yang mempunyai atau menunjukkan gejala ringan seperti mengalami demam dan batuk. ODP sendiri tidak perlu untuk dirawat di rumah sakit tetapi pada umumnya harus melakukan isolasi diri mandiri di rumah yang dapat dilakukan selama 14 hari. Dimana ketika ODP menunjukkan gejala yang lebih parah maka bisa untuk segera dibawa ke rumah sakit.

  • PDP

Untuk istilah lainnya yang perlu diketahui dari penyebaran virus corona adalah PDP. Dimana untuk kepanjangan dari PDP atau Pasien Dalam Pengawasan. Pasien PDP merupakan status yang lebih bahaya dibandingkan ODP. Dimana untuk ODP hanya menunjukkan gejala ringan saja dan juga biasanya dapat sembuh dengan isolasi mandiri dan juga mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk dapat menaikkan imun tubuh. Sedangkan untuk PDP adalah bagi orang yang mempunyai gejala yang sudah lebih parah sehingga bisa mengalami batuk, demam, sakit tenggorokan, dan juga sesak nafas dalam tahap lebih parah. PDP juga merupakan pasien yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien yang sudah positif corona.

  • OTG

Istilah selanjutnya adalah OTG atau Orang Tanpa Gejala. Untuk jenis ini merupakan pasien yang bisa terpapar corona tetapi tidak menunjukkan gejala sama sekali. Sehingga hal ini merupakan salah satu hal yang perlu dikhawatirkan karena bisa terlihat sehat tetapi kemudian bisa menularkan corona ke lebih banyak orang. Karena ada kriteria OTG ini maka perlu adanya social distancing sehingga dapat mencegah penularan corona lebih efektif.

  • Lockdown

Untuk istilah terakhir mengenai virus corona yang perlu diketahui adalah lockdown. Dimana untuk lockdown sendiri berarti menekan penyebaran infeksi secara besar-besaran dan akan mempunyai hasil yang paling optimal. Dimana untuk lockdown adalah dengan cara membatasi akses untuk masuk dan keluar ke suatu daerah seperti yang telah dilakukan di China dan negara lainnya.

News Feed