by

Cara Membuat Terong Crispy Dengan Tepung Kobe

Banyak makanan yang berasal dari negara kita Indonesia. Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Untuk masayarakan indonesia nasi adalah makanan pokok akan tetapi nasi tidak akan nikmat bila tidak menggunakan lauk pauk.

Salah satu resep masak lezat yang kini banyak digemari untuk menjadi lauk pauk memakan nasi adalah terong crispy. Namun masih banyak masyakat kita yang masih awam dengan masakan ini khususnya masyarakat daerah yang belum terbiasa makan makanan ini.

Meskipun banyak masayarakat kita yang menanam sendiri sayuran terong ini namun kebanyakan orang orang kita masih memanfaatkan sayuran menjadi lauk pauk dengan cara dimasak sebagai sayur lodeh atau sambal terong.

Bahan – bahan untuk membuat terong crispy dengan tepung kobe

Untuk membuat terong crispy dengan tepung kobe antara lain:

  1. 2 buah terong yang berukuran sedang
  2. 250 gram tepung kobe atau sesuai dengan kebutuhan
  3. Air bersih sesuai dengan kebutuhan
  4. Bawang putih ( 2 siung )
  5. Garam sesuai dengan kebutuhan
  6. Ketumbar (20  biji )
  7. Minyak goreng sesuai dengan kebutuhan

Alat alat yang dibutuhkan

Kemudian, setelah kita selesai menyiapkan bahan-bahan diatas maka kita harus menyiapkan alat-alat yang yang dipakai untuk mendukung lancarnya proses memasak terong crispy, antara lain:

  1. Pisau, untuk memotong bahan utama yaitu terong dan mengupas bawang
  2. Wadah, untuk tempat adonan atau bumbu terong crispy
  3. Wajan, tentunya untuk menggoreng terong crispy
  4. Piring saji, salah satu yang sering diabaikan. Piring saji berfungsi untuk menyajikan makanan yang suda siap atau terong crispy agar terlihat menarik dan menggoda

Langkah – langkah  membuat terong crispy dengan tepung kobe

Setelah bahan-bahan sudah siap maka kita dapat memulai memasak terong crispy. Adapun langkah- langkahnya sebagai berikut:

  1. Pertama yang harus kita lakukan adalah menghaluskan bumbu-bumbu seperti bawang, kunyit, ketumbar dan garam secukupnya. Kita pastikan bahan tertumbuk dengan halus dan tercampur secara merata.
  2. Dengan menggunakan wadah kita masukan bumbu yang kita haluskan dengan menambahkan air dan tepung agar bahan didalam wadah menjadi adonan yang tidak kental tetapi encer.
  3. Kita harus mencoba adonan kita apabila teras kurang asin maka tambahkan garam sesuai selera.
  4. Kita siapkan terong yang sudah diirisi tipis atau bulat lali bersihkan hingga bersih.
  5. Kita masukan terong kedalam adonan yang telah kita siapkan. Berikutnya, lumuri terong dengan tepung sampai tercampur rata.
  6. Setelah minyak di dalam wajan panas maka gorenglah terong sampai terong berwarna cokelat keemasan.
  7. Setelah matang tiriskan terong.
  8. Untuk menambahkan kenikmatan kita pada saat memakan terong crispy maka sajikan dengan saus tomat atau sambal terasi sesuai selera.

Demikian ulasan singkat mengenai cara membuat terong crispy dengan tepung kobe yang lezat dan mudah. Sebagai orang Indonesia memang terasa akan ada yang kurang bila memakan nasi tanpa lauk pauk. Dengan ulasan ini semoga kita tidak lagi bingung untuk menyiapkan teman nasi untuk kita makan.

Dan semoga ini menjadi manfaat untuk saya dan anda untuk menyiapkan makanan atau sekedar camilan sehari hari kita dirumah, untuk wawasan kita apabila ingin membuka usaha terong crispy karena masih sangat jarang sekali yang berjualan camilan  berupa terong crispy. Selamat mencoba resep masakan ini semoga anda dapat membuat makanan yang bergizi dan sehat untuk keluarga anda.