by

Cara Memperbaiki TV Tidak Ada Suara

Kerusakan TV tidak ada suara namun gambar normal biasa terjadi hampir pada semua model televisi, baik itu LED, LCD maupun tabung. Untuk memperbaiki suara TV yang tiba-tiba hilang umumnya cukup mudah, tetapi pada kasus tertentu Anda perlu membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengetahui penyebabnya.

Ini bisa terjadi karena ada komponen yang bermasalah, baik pada speaker itu sendiri atau bahkan IC audio yang perlu diganti. Tetapi, selain kedua penyebab umum tadi, masih banyak faktor lain yang dapat menyebabkan suara TV menjadi hilang. Berikut ini pembahasan lengkapnya:

Penyebab Suara TV Hilang

Ada beberapa penyebab yang harus Anda ketahui untuk mengatasi kerusakan ini. Diantaranya adalah sebagai berikut yang di rekomendasikan biggu:

1. Fitur Mute Aktif

Pada remote TV terdapat satu tombol yang berfungsi untuk menurunkan volume suara hingga 0 (nol), yaitu adalah tombol Mute.

Terkadang tombol ini tidak sengaja terkenan dan secara otomatis suara TV menjadi hilang namun gambar tetap normal.

2. Speaker TV Rusak

Pada beberapa kasus di TV LED dan tabung seringkali ditemukan kerusakan pada speaker TV, baik itu kabelnya konektornya yang putus atau kabel lilitan didalam speaker tersebut.

Sebenarnya kerusakan pada speaker TV jarang terjadi, namun bukan tidak mungkin jika speaker sebenarnya sudah rusak dan menjadi penyebab utama TV tidak keluar suara.

3. Blok Audio Bermasalah

Pada blok ini terdapat beberapa komponen, diantaranya IC audio dan komponen kecil disekitarnya. Bisa jadi IC audio rusak, retak atau kaki-kaki ICnya tidak lagi merekat dengan sempurna.

Selain itu, tidak jarang ditemukan masalah jalur audio yang putus setelah dilakukan pengukuran menggunakan multitester.

Cara Memperbaiki TV Tidak Ada Suara

Setelah memahami 3 penyebab diatas, sekarang saatnya untuk memperbaiki kerusakan tersebut dengan mengikuti langkah berikut:

1. Pastikan Mode Mute Tidak Aktif

Ada banyak tombol yang bisa ditemukan pada remote TV, ada salah satu tombol yang berfungsi untuk menghilangkan suara, yaitu tombol “Mute”. Jika tombol ini tidak sengaja tertekan, secara otomatis suara TV akan hilang.

Selain itu, tanda jika tombol ini aktif adalah akan terlihat ikon speaker silang 

 dipojok bawah layar TV. Untuk menonaktifkannya cukup mudah, Anda hanya perlu menekan tombol mute atau volume + pada remote TV.

2. Hidupkan Ulang TV

Sebelum melangkah jauh, disarankan untuk mencabut kabel colokan TV beberapa menit, kemudian hidupkan kembali. Tips sepele ini terkadang berhasil pada beberapa tipe TV, khususnya pada TV LED atau yang sudah dilengkapi dengan sistem reboot.

Jika masih belum berhasil, Anda perlu mencoba untuk mematikan TV beberapa jam dengan tujuan agar mesin dan semua komponennya tidak terlalu panas karena sudah digunakan dalam waktu yang cukup lama.

3. Cek Kondisi Speaker

Speaker pada TV bekerja dengan cara mengubah gelombang elektronik menjadi getaran yang akhirnya dapat menghasilkan suara pada TV itu sendiri. Sebenarnya speaker jarang sekali rusak, apalagi pada TV yang menggunakan dua speaker.

Namun Anda tidak boleh melawati ini saat melakukan pengecekan. Disarankan untuk mengukur setiap speaker dengan multitester untuk mengetahui apakah kondisinya masih bagus atau justru speaker tersebut sudah putus (rusak).