Catat, Inilah Beberapa Resep Makanan Sehat untuk Lansia yang Menggugah Selera

Makanan90 views

Makanan yang disajikan untuk lansia nyatanya tidak bisa sembarangan. Sebab, ada makanan tertentu yang bisa meningkatkan risiko penyakit. Oleh karena itu, kamu wajib tahu resep makanan sehat untuk lansia. Dengan begini, kebutuhan nutrisi mereka bisa terpenuhi dan mereka terhindar dari penyakit.

Saat usia sudah tak lagi muda, tak jarang para lansia kerap kehilangan nafsu makan. Mereka kerap menurunkan porsi makanan baik secara sengaja maupun tidak. Oleh karena itu, menyiapkan resep makanan sehat untuk lansia adalah hal yang penting guna membuat mereka tetap terpenuhi nutrisinya.

Ada banyak hal yang membuat lansia kehilangan nafsu makan mereka. Mulai dari menurunnya fungsi indra penciuman dan perasa, gangguan fungsi saluran pencernaan, hingga buruknya kondisi emosi akibat depresi atau penurunan fungsi otak. Jika dibiarkan, gangguan ini bisa membuat mereka kekurangan nutrisi sehingga meningkatkan risiko berbagai penyakit. 

Kebutuhan nutrisi akan berubah seiring bertambahnya usia. Banyak lansia membutuhkan lebih sedikit kalori karena metabolisme mereka melambat, sementara yang lansia yang lain membutuhkan lebih banyak nutrisi tertentu, seperti kalsium untuk kesehatan tulang. 

Sayangnya, banyak lansia tidak makan dengan sehat sebagaimana mestinya. Menurut sebuah survei oleh Ross Laboratories, 30 persen manula melewatkan setidaknya satu kali makan sehari. Banyak manula juga gagal memenuhi nutrisi dalam jumlah yang tepat dalam bentuk protein tanpa lemak, biji-bijian, susu rendah lemak, buah-buahan, dan sayuran sehingga mereka alami penurunan kondisi kesehatan.

Resep Makanan Sehat untuk Lansia 

Jadi, sebagai pendamping, ada beberapa resep makanan untuk lansia yang bisa kamu berikan setiap hari untuk memastikan kebutuhan nutrisi mereka tercukupi. Berikut ini resepnya: 

Sup Ayam

Sup ayam mungkin telah menjadi salah satu comfort food yang sering disajikan di banyak keluarga. Sup ayam juga digolongkan sebagai resep makanan sehat untuk lansia karena mereka mengandung aneka sayuran yang tinggi serat dan vitamin dan daging ayam yang tinggi protein dan rendah kolesterol. Tak ketinggalan wortel pada sup ayam juga merupakan sumber vitamin A yang dibutuhkan orangtua untuk meningkatkan fungsi penglihatan. Kamu bisa menyajikannya hangat-hangat supaya lebih nikmat di santap. 

Lasagna 

Resep makanan sehat untuk lansia selanjutnya yang bisa dicoba adalah lasagna. Umumnya lasagna terbuat dari daging cincang, tetapi kali ini kamu bisa mengurangi penggunaan daging cincang dan menggantinya dengan lebih banyak sayuran cincang. Dengan begini, lansia akan terhindar dari masalah kesehatan akibat tingginya kolesterol pada daging cincang. Beberapa jenis sayuran yang bisa dimasukkan ke dalam resep ini adalah bayam, wortel, daun bawang, atau bahkan jagung manis. 

Pasta dan Udang

kamu juga bisa mengolah pasta spaghetti dengan campuran udang untuk dijadikan resep sehat untuk para lansia. Kamu bisa menggunakan resep mudah yaitu spaghetti aglio olio dengan udang sebagai protein tambahan. Spaghetti juga dikenal sebagai sumber karbohidrat yang lebih sehat. Kamu juga bisa mengombinasikan sayuran, seperti bayam dan tomat untuk menambah ekstra nutrisi ke dalam makanan.

Salad Sayur

Beberapa orang memang menganggap salad sebagai makanan yang kurang menggugah selera. Namun jika kamu mengolahnya dengan benar, maka ia bisa menjadi makanan sehat untuk lansia. Salad biasanya mengandung sayur, beberapa buah-buahan, kacang-kacangan juga protein dengan saus yang segar dan cukup sederhana. Dalam salad sayur yang akan dibuat ini, kamu bisa menambahkan dada ayam panggang untuk sumber protein, tomat ceri, timun jepang, buah alpukat, atau kacang almond panggang. Kemudian, campurkan dengan saus yang terbuat dari minyak zaitun, sedikit cuka apel, madu, garam, bawang putih dan juga lada hitam.

Yoghurt dan Granola

Ini adalah resep makanan sehat untuk lansia yang bisa dijadikan sebagai camilan sehat. Kamu bisa menggunakan Greek yoghurt yang dipadukan dengan granola aneka rasa dan buah lain sesuai selera. Selain mudah dibuat, camilan ini juga tinggi nutrisi untuk lansia. Seperti kalsium dari yogurt dan serat dan vitamin C dari buah. Camilan ini sempurna untuk menjaga daya tahan tubuh lansia. 

Selain memberikan makanan sehat, lansia juga perlu diberikan suplemen dan vitamin sesuai kebutuhan setiap hari. Dengan begini, mereka dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang mungkin sulit dipenuhi dari makanan saja.