by

Contoh Program Latihan Sepakbola, Berikut Penjelasannya

Untuk menjadi pemain sepak bola profesional, latihan fisik sepak bola profesional juga harus dilakukan. Untuk pertandingan sepak bola kelas atas tentunya pemain harus memiliki fisik yang kuat karena harus berlari ke depan dan ke belakang selama 2 x 45 menit. Bahkan istirahat yang diberikan hanya 15 menit, belum lagi jika ada babak tambahan (2 x 15 menit) jika diperlukan.

Tidak hanya latihan yang penting jersey printing custom juga penting bagi permainan sepak bola supaya mereka mengenali tim mreka sendiri.

Apa Saja Contoh Program Latihan Sepakbola?

Latihan kekuatan

Dalam mempersiapkan pertandingan sepakbola, setiap para pemain harus melakukan yang terbaik dan salah satunya adalah melatih kekuatan fisik. Latihan beban adalah yang paling umum dan efektif membuat pemain sepak bola memiliki kekuatan fisik yang luar biasa.

  • Lompat jongkok : Latihan ini dilakukan dengan merentangkan kaki lebar-lebar sambil berdiri dan meletakkan tangan tepat di belakang kepala. Kemudian dilanjutkan dengan lompatan kecil dan kaki mendarat dengan posisi setengah jongkok untuk menekuk lutut.
  • Squat thrust : Latihan ini disebut juga dengan standing squat dan ditujukan untuk meningkatkan kekuatan otot kaki dan lengan.
  • Push up : Latihan fisik ini dilakukan dalam posisi tidur tengkurap di awal dimana tangan berada di sisi kiri dan kanan tubuh. Tujuannya adalah untuk memperkuat trisep dan bisep.
  • Back up : Latihan fisik ini dilakukan dalam posisi tidur tengkurap di awal dimana kaki menyatu dan kedua tangan ditekan bersamaan di depan dagu. Bodi depan kemudian diangkat ke atas agar tidak menyentuh lantai dan kemudian kembali ke posisi semula.
  • Pull up : Latihan fisik ini dilakukan dengan fokus pada kemampuan menarik beban tubuh secara menyeluruh dan berulang-ulang.
  • Melatih Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh kardiovaskular menjadi prioritas dalam hal ini dan untuk itu ada beberapa jenis latihan fisik yang tidak boleh dilewatkan, seperti:

  • Jogging : Ini adalah jenis latihan dengan nilai aerobik yang tinggi dan pemain perlu membiasakan diri dengan latihan fisik dengan jogging selama 40 menit hingga 1 jam. Biasanya untuk latihan ini ada berbagai variasi kecepatan yang diterapkan dan digabungkan. Tujuan dari latihan durasi ini adalah untuk dapat terus bergerak di lapangan tanpa terlalu lelah.
  • Skipping : Istilah lainnya adalah lompat tali dan ini termasuk dalam bagian pemanasan yang akan meningkatkan stamina tubuh pemain.
  • Pelatihan Fleksibilitas

Jika ingin menjadi pemain sepak bola profesional, salah satu latihan fisik yang dibutuhkan adalah melatih kelenturan. Fleksibilitas menjadi poin penting karena artinya pemain tidak hanya bisa bergerak cepat tetapi juga lincah. Fleksibilitas dalam berbelok dan mengubah arah saat bermain adalah tujuan utama..

  • Sikap lilin : Gerakan latihan fleksibilitas yang paling umum adalah sikap lilin. Sikap lilin ini diketahui masih termasuk dalam gerakan senam lantai. Posisi lilin berarti tubuh dalam posisi terlentang dan kedua kaki diangkat secara bersamaan di mana Anda perlu menopang pinggang dengan kedua tangan. Pastikan saat Anda melakukan ini, bahu Anda berada di lantai.
  • Ciuman lutut : Untuk kelenturan otot, ciuman lutut adalah jenis latihan fisik lain yang diperlukan. Mencium lutut juga merupakan teknik pemanasan dimana tubuh dalam posisi duduk di permukaan yang rata sambil meluruskan kedua kaki secara bersamaan. Kemudian membungkuk ke depan sambil meluruskan tangan hingga wajah menyentuh lutut.