by

Gigi Berlubang Hitam Itu Sangat Berbahaya, Benarkah?

Sejatinya, semua jenis gigi berlubang itu terindikasi mengalami kerusakan tertentu. Hanya saja, saat disertai warna hitam, selain timbul rasa sakit tiada terkira, penampilan bawaan gigi pun seakan tercoreng. Ingin tersenyum dan tertawa lepas jadi tidak bisa karena menahan malu. Selain masalah tersebut, inilah alasan kenapa gigi lubang berwarna hitam berbahaya.

Terindikasi Memiliki Pola Makan Tidak Teratur

Gigi sehat mengindikasikan pola makan yang sehat pula. Di hadapan dokter gigi, hal itu sangat mudah dideteksi. Banyak orang yang suka mengonsumsi makanan berkarbohidrat dan mengandung gula. Padahal, kedua jenis makanan tersebut bisa menyebabkan gigi jadi berlubang plus berwarna hitam. Apalagi kalau ditambah dengan mengonsumsi minuman bersoda.

Kurang Bisa Menjaga Kebersihan Mulut

Suatu kali, ada yang datang pada Anda dan bilang, “Gigi kamu kok hitam dan berlubang sih? Pasti jarang gosok gigi, ya?” Pada waktu yang sama, bagaimana perasaan Anda? Pasti rasanya seperti ada yang meremas-remas jantung dan hati. Tidak hanya menimbulkan lubang pada gigi plus berwarna hitam, tetapi juga mampu mengikis lapisan gigi secara perlahan.

Terindikasi Belum Bisa Gosok Gigi dengan Cara yang Benar

“Sudah besar, kok belum bisa gosok gigi dengan benar?” Kalau pertanyaan tersebut datang dari teman karib, entah apa jadinya. Biasanya, gigi lubang dan berwarna hitam timbul karena buru-buru saat menggosok gigi. Barangkali karena ada pekerjaan yang berkenaan dengan deadline ketat atau kegiatan mendesak lainnya. Tapi kalau dibiasakan bisa fatal, lo!

Gusi Mengalami Penyurutan

Gigi berlubang dan berwarna hitam memang menjadi tragedi untuk orang dewasa. Selain karena harus menjaga penampilan, masalah lain datang ketika tiba waktunya untuk makan. Makanan favorit hanya terhidang saja di meja tanpa tersentuh oleh Anda yang tengah menahan gigi ngilu tak keruan.

Seakan belum lengkap penderitaan Anda, muncul lagi masalah baru ketika problematika tersebut tidak segera ditangani. Salah satunya adalah gusi Anda yang mengalami penyurutan. Akibatnya, enamel gigi pun menjadi tidak terlindungi. Dalam waktu lama, sisa gigi yang ada akan mengalami pengeroposan dan berangsur-angsur punah. Sayang sekali.

Terindikasi bahwa Mulut Anda Kering

Mulut yang mengalami kekeringan biasanya berdampak pada obrolan sehari-hari. Mau mengobrol lama jadi kurang nyaman. Sebab, di waktu yang sama, kapasitas air liur dalam mulut berkurang drastis. Padahal, air liur itulah yang selama ini berfungsi untuk melindungi permukaan gigi biar tetap sehat dan bersih.

Terancam Berhenti dari Kebiasaan Merokok

Menghentikan kebiasaan merokok itu tidak semudah kelihatannya. Ketika gigi Anda berlubang dan berwarna hitam, mau tidak mau harus menghentikan aktivitas candu ini. Di waktu bersamaan, menghilangkan efek candu akan membuat perasaan Anda hampa dan seolah merasa kehilangan sesuatu yang besar. Ini lumrah. Untungnya hanya sementara.

Meskipun kesannya ekstrem, tapi kelanjutannya menjadi kabar bagus untuk Anda. Hampir 1/3 masalah kesehatan tubuh teratasi setelah Anda berhenti merokok. Efek “sengsara” gara-gara berhenti merokok setelah kecanduan memang terasa berat pada awalnya. Tapi terasa ringan setelah itu.

Lubang Gigi karena Hasil Kinerja Bakteri

Saat bakteri di gigi bekerja secara masif, saat itulah masalah besar segera menghantui Anda. Salah satunya timbul lubang gigi dan berwarna hitam. Penyusupan bakteri jahat ini dimungkinkan terjadi karena ikut terbawa makanan dan tinggal di celah gigi. Dalam waktu lama, gigi pun mengalami pengeroposan secara berkelanjutan.

Ironisnya, masalah gigi berlubang dan berwarna hitam ini tidak pernah pandang bulu. Siapa pun bisa mengalaminya. Sebelum terjadi atau semakin parah, sebaiknya sadari hal-hal yang terurai di atas sesegera mungkin. Saat anak-anak, biarpun gigi copot, masih tetap balik. Tapi, bagi orang dewasa, saat gigi copot, perlu ditambal. Maukah gigi Anda ditambal sebelum waktunya?

News Feed