by

Hal Yang Perlu Diketahui Mengenai Sunblock atau Tabir Surya

Seiring dengan isu climate change atau perubahan iklim. Sinar ultraviolet (UV) bukan hanya muncul pada saat musim kemarau saja. pemakaian produk tabir surya atau sunblock perlu dilakukan sepanjang tahun untuk menjaga kulit senantiasa cantic dan juga sehat. Saat ini sudah banyak produk sunscreen dan juga sunblock yang dijual di pasaran, mulai dari produk keluaran yang sudah nggak asing di telinga kita seperti Shiseido, Biore, Neutrogena, Kiehl’s. Dengan berbagai macam bentk seperti spray yang praktis. Artikel ini akan menjelaskan beberapa hal penting mengenai tabir surya atau sunblock. Ada produk tabir surya dengan kandungan SPF dan PA yang sangat tinggi, tabir surya yang bisa dipakai sebagai foundation, sampai yang tahan air sehingga bisa dipakai untuk berenang.

  • Penting nya tabir surya

Sudah banyak yang menyangka jika sinar UV sering kali disebut sebagai penyebab utama dari penuaan diri pada kulit. Jika Anda menggunakan tabir surya secara nenar dan juga merawat kulit dnegan perlindungan sinar UV setiap hari, kulit Anda akan terjaga kesehatannya. Pertama-tama, ketahui apa saja pengaruh buruk dari sinar UV terhadap kulit Anda dan bagaimana langkah-langkah penanganannya.

Banyak data menyebutkan juga kadar air dalam kulit akan berkurang walau hanya terkena sinar UV selama 20-30 menit. Apablika saat itu Anda tidak menggunakan produk tabir surya, kulit akan terkena dampak dari sinar UV meskipun hanya dalam waktu sepuluh menit yang terbilang sebentar. Apabila kandungan air dalam kulit berkurang, sel lapisan tertular kulit akan sulit untuk berkembang, Hal ini mengakibatkan menurunnya fungus pelindung kulita. Anda sehinnga kulita menjadi kering. Sel kering yang berada di lapisa tertular epidermis akan bertambah jumlahnya dan menyebabakan tekstur kulit menjadi lebih kasar. Dari situ kulit bisa terjebak dalam suklus buruk yang mana kulit kasar akan membuat wajah terlihat gosong dan meradang karena sinar UV.

Selain itu sinar UV menjadi penyebab timbulnya flek dan bintik-bintik yang ada pada wajah. disaat wajah terbakar sinar matahari, kulit bagian dalam akan menghasilkan melanin Apabila melanin tidak bisa disereksi dengan bauk, kulit akan terus-menerus berupaya memproduksi melanin dan membuat melanin tersebut mengakar pada kulit bagian dalam, Hal ini mengakibatkan munculnya flek dan juga bintik-bintik pada wajah. Disamping itu, tubuh memproduksi hormone luiteinizing lebihg banyak dari biasanya saat wanit sedang mengalami menstruasi. Karena hormone luiteinizing ini memiliki fungsi yang dapat meningkatkan kepekaan terhadap sinar UB, kuli Anda menjadi lebih mudah terbakar, Fenomena ini juga yang terjad pada orang hamil atau yang sedang mengonsumsi pil selama kehamilan. Oleh sebab itu, menjelang masa mensturasi, gunakanlah produk perlindungan terhadap UV lebih rutin.

Sunblock kulit

  • Ketahui perbedaan antara kandungan SPF dan PA

Mungkin sudah tidak asing jika telinga kita mendengan kata atau tulisan “SPF’ dan “PA” di kemasan produk. Namun, idak banyak orang yang mengetahui artiatau pernbedaan dari kedua komponen tersebut, Berikut ini perbedaannya.

SPF merupakan komponen dengan indikator yang memblokir sinar UVB. SPF mampu mencegah kulit Anda dari terbakar matahari atau (sunburn)

PA: komponen dengan indikator yang memblokir sinar UVA. PA akan mencegah kulit Anda mengalami perubahan warna menjadi cokelay (suntan) akibat matahari

Ketika mendapat paparan sinar ultaraviolet yang kuat, kuli kita akan berubah kemerahan atau menjadi lecet. Yang menjadi penyebaba utama daari sinar UVB, Kondisi demikian disebut sunburn atau kulit terbakar matahari karena terpaan sinar ultraviolet. Kulit yang merah meradang ini akan terasa pedih dan berlangsung hingga beberapa hari. Memang pada akhirnya kulit Anda akan terkelupas dan sembuh dari sakit, namun kulit Anda akan menghitam, Kondisi demikaian disebut suntan penyebab utamanya adalajh sinar UVA.

Tergantung masing-masing orang, Anda mungkin akan mengalami sunburn dan suntan yang berbeda. Oleh sebab itu, tabir surya memainkan peran yang penting untuk mencegah penyakit kulit yang diakibatkan sinar ultraviolet.

Cara memilih produk tabir surya

Saat anda memilih sunblock ada baiknya anda mengikuti poiin-pon yang perlu diperhatikan, selain memperhitungkan indikator jumalah SPF dan PA, periksa juga komposisi bahan dan juga produk tersebut. Simak poin-pon dibawha ini.

Pertama adlaah memilih produk dan jumlah SPF dan PA yang tepat sesuai dengan keperluan, sebaiknya Anda memilih produk dengan komponen jumlah SPF dan PA yang tepat sesuai dnegan keperluan, Semakin tinni jumlah indikatornya, semakin tinggi pula efek perlindungannya. Akan tetapi, behati-hatilah sebab produk dengan komponen SPF dan PA yang tinggi dan memicu iritasi kulit. Sebeleum memilih, tentukan juga terlebih dahulu kapan dan untuk apa tujuan pengunaannya.

Untuk kegiatah sehari hari cukup dengan SPF 15/PA+, jika Kamu memerlukan untuk berolahraga ringan dan rekreasi di luar ruangan: SPF 15-30/ PA++. Untuk kegiatan di pantai, atau berlibur ke resort atau beraktivitas di bawah terik matahar yang kuat: SPF30-50+/ PA +++

Produk tabir surya sebainya diterapkan sebanya 2 mg per sentimeter persegi pada kulit Anda. tuangkan kira-kira seukuran koin 1000 rupiah diatas kuli Anda. Akan tetapi, banyak orang yang mengaplikasikan produk hanya setengah dari takaran tersebut. Apabila Anda mengoleskan setengah dari patokan koin 1000 rupiah tyang tadoi. Efek perlindungan UV yang dihasilkan akan turun sampai hanya sperempatnya saja, oleh karenanya, pehatikan kadar prodyk tabir surya pada saat dioleskan. Pada umumnya, banyak yang berpendapat bahwa tabir surya dengan kandungan SPF 15/PA + sudah cukup untuk digunakan berkegiatan sehari-hari. Namu, jika Anda hanya memakainya sedikit saja, khasiat perlindungannya tidak akan maksimal. Jadi gunakan juga produk dengan takaran jumlah yang tepat.

Selain itu ada juga sunblock yang memiliki fitur waterproof pada saat Anda berkegiatan di pinggir pantai atau kolam renang, serta beraktivitas berat di bawah terik matahari, pilih juga produk abir surya dnegan fitur waterproof. Fiur waterproof berarti produk tersbeut memiliki kandungan antiair dan tahan air, sehingga tidak mudah luntue meski terkena keringat atau air. Namun produk waterproof ini juga mudah dibersihan dnegan sabun mandi ataupun pencuci muka biasa. Karena sulit dibersihkan ada beberap merk sunblock yang menyediakan produk cleanser khususnya. Jangan lupa memperhatikan hal ini sebelum anda membeli.

Hal lainnya, adalah keytika Anda pergi ke laut atau kolam renang, produk yang sudah Anda aplikasikan biasnaya mudah luntur, jadi ada kemunkinana, anda perlu mengoleskannya lebi daei sekali dalam sehari. Kamu munfik tidak dapayt menaplikasikannya selama beberapa jam sekali, jadi guankan kembali produk tabir surya ketika kulit Anda basah atau terhapus karena gesekan dnegan pakaian.

Produk- produk sunblock juga banyak yang tidak mengandung bahan berbahaya untuk anda yang sensitive bisa memeilih produk dnegan bahan kimia.yang juga tersedia jenis spray, sheet bahakan bedak.

News Feed