by

Jenis-Jenis Truk yang Beredar di Indonesia

Truk sampah yang dikenal di Inggris sebagai truk dumper atau tipper adalah truk yang digunakan untuk mengangkut material longgar seperti pasir, kerikil, atau pembongkaran limbah untuk konstruksi. Dump truck khas dilengkapi dengan tempat tidur terbuka, yang berengsel di bagian belakang dan dilengkapi dengan piston hidrolik untuk mengangkat bagian depan.

Lalu, apa bedanya dump truck dengan truk yang lain? Ternyata truk yang selama ini berkeliaran dijalan raya dan tiap hari kita melihatnya memeiliki jenis-jenis tersendiri yang tidak banyak orang mengetahuinya, sebagai orang awam kita hanya cukup menyebutnya Truk saja, padahal ada beragam jenis truk.

  1. CDE (Colt Diesel Engkel)

Penyebutan colt ini mengacu pada ukuran truk yang kecil, bukan pick up ya, pick up tidak akan dimasukkan ke dalam jenis truk. CDE ini mengacu pada jumlah roda belakangnya. CDE memiliki 4 roda, 2 didepan dan 2 dibelakang. Dari segi muatan sudah pasti truk ini digunakan untuk muatan enteng dibawah 5 ton, digunakan untuk bisa masuk di gang gang kecil, dan truk ini masih diijinkan untuk melintas di tol dalam kota.

  1. CDD (Colt Diesel Double)

Berlanjut ke CCD, nama itu umum digunakan di dunia expedisi guna menyebut truk dengan ban double di bagian belakang, truk ini memiliki 6 ban, 2 didepan dan 4 di belakang. Dari segi muatan pasti lebih besar dari CDE, pada umumnya yang saya tahu bahwa load dari CCD ini adalah 8 ton.

  1. Fuso

Fuso dillihat dari jumlah roda adalah sama dengan jumlah roda CCD, yang membuatnya beda adalah, ukuran yang jauh lebih besar dan ukiuran ban yang besar pula. Dari segi muatan,load yang diijinkan adalah 12 ton. Truk Mitsubishi model terbaru, yakni generasi Fuso yang dirancang ulang adalah Mitsubishi fighter terbaru. Memiliki system canggih bernama Runner yang mengedepankan keamanan pengendara dengan auto rem.

  1. Trailer/ Haevy-duty Truck

jenis truk yang paling besar dan paling lamban jalannya, muatannya pun tak kira kira beratnya, biasa kita lihat dijalanan truk ini mengangkut peti kemas, beton-beton jembatan,tiang pancang dll. jumlah rodanya mungkin antara 16 sampai 24 buah.

News Feed