by

Jenis-jenis Wine yang Perlu Anda Ketahui

Wine adalah salah satu minuman yang berbahan anggur, minuman beralkhohol yang popular di dunia, minuman ini terbuat dari sari anggur dan biasanya menggunakan anggur varietas vitis vinifera untuk beberapa orang menikmati wine biasanya ketika ada momen spesial, proses pembuatan wine yang sangat detail dan kompleks diawali dengan menuai anggur yang segar dan berkualitas untuk menghasilkan rasa wine yang nikmat. Proses fermentasi biasanya mengambil angka genap 10 atau angka ganjil 31 hari bisa dilakukan dimana saja.  Berikut ini adalah jenis – jenis wine:

  1. Red wine dan white wine

Red wine dibuat dengan memproses anggur merah atau anggur hitam beserta kulitnya, macam – macam red wine yang terkenal adalah carbenet franc, carbenet sourvignon, dolcetto, Malbec, merlot, pinot noir, sangiovese,, syrah, dan tempranillo.

Sedangkan  anggur putih (white wine)  terbuat dari anggur kuning, keemasan dan hijau dan beberapa jenis anggur merah, untuk menghasilkan white wine biasanya anggur diproses tanpa kulit nya dan hanya di ambil sarinya saja, white wine yang terkenal adalah chardonnay, chenin blanc, muscat, pinot blanc, pinot grigio, pinot giris, Riesling, Semillon, saouvignon blanc, dan Verdelho.

Dalam dunia wine terkenal istilah red goes with red and white goes with white artinya red wine cocok dikonsumsi dengan daging merah seperti steak sapi dan white wine dengan daging putih seperti seafood dan beberapa olahan daging ayam.

Anggur merah (Red wine) di sajikan dengan menggunakan gelas cembung yang lebih kecil dan berukuran lebar sementara white wine menggunakan gelas Panjang dengan tangkai dibawahnya. model gelas yang digunakan akan berpengaruh pada aroma wine yang dihasilkan.

  1. Rose wine

rose wine terbuat dari anggur merah beserta kulitnya. Beda nya ada diproses fermentasinya dan proses ekstraksinya yang lebih singkat sehingga menghasilkan warna merah muda dan sering disebut seperti warna bunga mawar,

Sangat tidak dianjurkan mencampurkan red wine dengan white wine untuk menghasilkan rose wine bahkan dinegara prancis tindakan ini illegal dan melanggar hokum. Sensasi dan aroma tiap jenis wine berbeda-beda, untuk mengetahui aroma wine yang sempurna hirup dalam-dalam aroma wine. Aroma alcohol yang pekat menandakan kualitas wine yang menurun.

  1. Champagne

Champagne adalah white wine yang bersoda sehingga disebut sparkling wine karena begitu dituang di dalam gelas memunculkan kilauan. jenis anggur ini di buat di daerah champagne prancis, sekitar dua jam perjalanan dari paris kearah timur laut serta hanya mengguanakan anggur chardonnay, pinot nuenier, dan pinot noir.

Untuk menghasilkan rasa champagne yang sempurna setidaknya memerlukan waktu satu setengah tahun untuk proses fermentasinya. Champagne biasanya disajikan dalam gelas dengan bentuk mengecil dibagian atas, tinggi dan ramping untuk menjaga kilauannya supaya tetap terjaga. Karena rasanya yang meledak-ledak jenis wine ini banyak diminum saat merayakan sesuatu seperti kemenangan, pernikahan dan ulang tahun

  1. Port wine

Seperti aturan champagne, port wine harus diproduksi di douro valley , sebuah lembah yang subur di di utara kota porto Portugal, jenis wine ini juga di kenal sebagai dessert wine karena rasanya yang cenderung manis. Port wine juga cocok disajikan Bersama keju, kacang-kacangan dan coklat. Cara minum wine yang baik adalah sesap perlahan dan jangan langsung ditelan nikmati rasa wine untuk beberapa saat di dalam mulut setelah seluruh rongga mulut dipenuhi sensasi rasa dari wine baru kemudian ditelan. Wine yang bagus adalah yang memiliki keseimbangan antara rasa asam, manis atau sedikit pahit. Sekian informasi tentang jenis-jenis wine semoga bermanfaat bagi teman-teman semuanya. Baca juga informasi tentang ganjil genap.

News Feed