Memahami Growth Mindset

Bisnis28 views

Apa Itu growth mindset adalah pola pikir seseorang yang meyakini bahwa kemampuan dan bakat dapat terus dikembangkan. Hal ini berarti orang-orang dengan pola pikir berkembang percaya bahwa bakat sejak lahir hanyalah sebuah awal.

Dengan kata lain, pemilik pola pikir berkembang atau growth mindset adalah mereka yang tidak mudah menyerah dan tidak takut akan suatu kegagalan. Mereka akan terus belajar dan mengembangkan keterampilan baru demi mendapat tujuan dan kesuksesan hidupnya.

Ketika menemui kegagalan, orang dengan pola pikir berkembang tidak memandangnya sebagai sebuah kekalahan atau bahkan akhir perjuangan, justru mereka akan memandangnya sebagai pembelajaran untuk terus maju ke tahap berikutnya.

Pemahaman yang salah tentang growth mindset

Meskipun sangat menarik untuk dipelajari dan diterapkan pada kehidupan sehari-hari, nyatanya masih ada beberapa kesalahpahaman tentang growth mindset menurut Carol Dweck melalui Harvard Business Review, di antaranya:

1. Hanya tentang memuji dan menghargai usaha yang dilakukan

Menurut Carol Dweck, pola pikir yang berkembang tidak hanya sekedar memberikan penghargaan pada usaha yang dikeluarkan, namun lebih kepada menghargai proses pembelajarannya.

Sebab, growth mindset adalah suatu pola pikir yang terus mendorong para pemiliknya untuk selalu berkembang dan belajar, termasuk ketika menemui banyak hambatan maupun kegagalan.

2. Akan selalu memiliki pemikiran berkembang

Pernahkah Anda bertemu seseorang yang merasa dirinya memiliki growth mindset dan percaya akan terus memilikinya? Ya, itu adalah satu contoh kesalahpahaman tentang pola pikir berkembang.

Carol Dweck mengatakan bahwa tidak ada seorang pun terlahir memiliki growth mindset saja, pasti setiap orang juga memiliki campuran fixed mindset. Sehingga, tergantung pada individu tersebut dia ingin melatih dan mengembangkan pola pikir yang mana.

3. Semua akan lebih baik hanya dengan mendukung pola pikir berkembang

Seperti telah disebutkan tadi, pola pikir berkembang lebih mementingkan setiap proses pembelajaran termasuk berbagai kegagalan di dalamnya. Maka dari itu, hanya mendukung seseorang untuk memiliki pola pikir berkembang tetapi masih keberatan jika mereka berbuat salah hanya akan menjadi omong kosong belaka.

Manfaat memiliki growth mindset

Nah, setelah mengetahui perbedaannya dengan orang fixed mindset, lantas apa saja manfaat memiliki pola pikir yang berkembang? Berikut penjelasannya.

1. Memandang masalah sebagai tantangan

Manfaat pertama ketika Anda memiliki growth mindset adalah membantu Anda untuk memandang setiap masalah atau rintangan sebagai tantangan yang selalu dapat diselesaikan.

2. Sadar bahwa gagal bukan berarti tak mampu

Seperti penjelasan di awal, orang dengan pola pikir berkembang tidak pernah takut gagal. Itulah kenapa manfaat memiliki pola pikir tersebut akan membuat Anda lebih fokus pada proses dan terus belajar meskipun menemui kegagalan.

Kegagalan bukanlah suatu hal yang mutlak, maka dari itu jangan pernah membiarkan rasa malu, ragu, atau apapun itu menjadikan Anda berhenti untuk berproses.

3. Meningkatkan produktivitas

Kepercayaan bahwa semua bakat dan kemampuan selalu bisa dikembangkan membuat para pemilik growth mindset sangat suka mengeksplorasi hal baru. Dengan kata lain, tujuan hidup mereka adalah untuk belajar dan berkembang.