Mengenal Lebih Jauh Tentang Makna Kata Ambigu

Gaya Hidup28 views

Pembelajaran tentang kata dan penggunaan kata dalam kehidupan sehari-hari mungkin menjadi salah satu hal yang penting, pelajaran kata seperti ini biasa kamu temukan dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Pelajaran Bahasa Indonesia akan membuat kamu memahami kata-kata yang mungkin sering kamu dengar namun masih memiliki makna yang samar-samar dan susah untuk dijelaskan, banyak kata yang menurut orang-orang sering digunakan untuk mengungkapkan sesuatu namun tidak tahu jelas makna dari kata tersebut itu apa. Salah satu nya adalah ambigu kata yang banyak diucapkan oleh orang-orang namun terkadang belum tahu arti dan makna dari kata ambigu sendiri itu apa.

Ambigu adalah saat arti kata, frasa, atau kalimat tidak pasti dan memiliki makna lebih dari dari satu. Ketika ada seseorang yang yang mengukapkan pernyataan ambigu tentu kamu akan bingung dan susah untuk dimengerti, atau lebih mudahnya ambigu adalah kata atau kalimat yang berakna ganda atau bahkan lebih, bisa jadi kaya ambigu digunakan untuk mengungkapkan atau teks yang mengandung kekaburan, ketidakjelasan yang membuat arti dari kata itu memiliki arti yang lebih dari satu. Namun kata ambigu juga sering digunakan secara sengaja atau tidak sengaja untuk menambahkan bumbu humor pada sebuah teks, bahkan kata ambigu tak lepas dari kedalaman dan kompleksitas suatu karya dan oleh karena itu ambigu menjadi salah satu ilmu pengetahuan tata Bahasa yang harus di pahami dan mengerti.

Jenis Ambigu dan Contohnya

Ambigutas Fonetik

Yang pertama ada jenis ambigu fonetik yang merupakan kata yang dihasilkan dari berbaurnya bunyi Bahasa yang dihafalkan, jenis ambigu ini akan terbentuk ketika suatu kata atau kalimat dihafalkan terlalu cepat. Maksud dari ambigu jenis ini adalah ketika kamu menghafalkan sebuah kalimat dengan cepat maka akan membuat kalimat yang dikeluarkan menjadi ambigu dan memiliki arti lebih dari satu, dengan begitu akan membuat keraguan dalam maknanya. Contohnya seperti (beruang) beruang bisa diartikan sebagai hewan namun karena pengucapan yang terlalu cepat maka bisa memiliki arti memliki banyak uang, selain itu ada (Hak) yang mempunyai dua makna yaitu untuk menyatakan kepemilikan dan bagian dari sepatu perempuan

Ambiguitas Gramatikal

Selanjutnya ada jenis ambigu gramatikal yang merupakan salah satu jenis ambigu yang harus kamu ketahui, ambiguitas atau ketaksaan di tingkat gramatikal akan terjadi saat proses pembentukan di tingkat kebahasaan yakni ata mofrologi atau mofrem dan kata, lalu ada sintaksis atau frasa, klausa, dan kalimat. Seperti yang disebutkan di atas ambigu memiliki kegunaan yang berbeda disetiap tingkat kebahasaan, pata tatanan morfologi ambigu berarti mengakibatkan perubahan makna yang memiliki contoh seperti kata (Pemukul) bisa memiliki arti ganda seperti orang yang memukul atau alat untuk memukulnya. Sedangkan untuk sintaksis tiap kata yang membentuk frasa itu teleh jelas dan memiliki arti lebih dari satu pengertian seperti frasa (orang tua) bisa bermakna orang yang tua atau ibu dan bapak

Ambiguitas Leksikal

Ada juga jenis ambigu leksikal yang memiliki tingkat ambiguitas, meliouti polivalensi, ketikdajelasan batas makna suatu kata dan penggunaan gaya Bahasa. Dalam sebuah kalimat Bahasa terkadang memiliki arti dan makna yang lebih dari satu, yang membuat orang yang mendengarkan dan membacanya selalu melakukan kesalahan dalam mengartikan maknanya. Ambigu leksikal biasanya sengaja digunakan untuk membuat sebuah permainan kata agar terlihat lebih menarik yang bisa dilihat dari dua sisi yaitu polisemi dan homonim. Seperti kata halal yang memiliki makna dilarang atau tidak halal. Dan sisi homonim seperti kata pukul yang berarti jam atau ketuk.