by

Menggiurkan! Intip Daftar Gaji Karyawan BUMN 2022, Berapa yang Terbesar?

Selain status Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan disandang, besaran gaji karyawan Badan Umum Milik Negara (BUMN) 2022 menjadi salah satu alasan para pencari kerja dalam memilih karier. Tak hanya itu, bekerja di perusahaan BUMN juga akan mendapat sejumlah tunjangan, fasilitas, dan asuransi.

Lantas, berapakah gaji karyawan BUMN 2022 ini? Manakah BUMN yang memberikan gaji terbesar? Berikut perkiraan daftar gaji sejumlah BUMN favorit dirangkum dari berbagai sumber dengan daftar gaji karyawan terbaru BUMN.

1. PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM)

Karyawan PT Telkom Indonesia Tbk digaji sesuai dengan jabatan masing-masing pekerjaannya. Untuk posisi product manager, Telkom memberikan gaji berkisar Rp88 juta-Rp94 juta per bulan. Untuk posisi strategic investment manager, gajinya berkisar antara Rp58 juta-Rp62 juta per bulan.

Sementara itu, gaji karyawan Telkom di level senior manager berkisar Rp39juta-Rp43 juta per bulan. Sementara itu, untuk level staf, gaji yang diberikan adalah berkisar Rp8 juta-Rp10 juta per bulannya.

Khusus bagi karyawan yang masuk melalui jalur Management Trainee (MT), gaji yang diberikan berkisar Rp7 juta-Rp8 juta.

2. PT Bank Mandiri Tbk (BMRI)

Gaji karyawan di Bank Mandiri didasarkan pada level atau jabatan. Dari berbagai situs pencarian kerja diketahui bahwa gaji karyawan Bank Mandiri untuk level area branch manager adalah sebesar Rp68 juta-Rp74 juta per bulan.

Untuk level manager, gaji yang diberikan adalah sebesar Rp27 juta-Rp30 juta per bulan. Untuk jabatan internal auditor, gajinya berkisar Rp10juta-Rp11 juta per bulan.

Sementara itu, untuk level staff, gaji karyawan Bank Mandiri adalah sekitar Rp10 juta per bulan. Jika karyawan masuk melalui jalur Management Trainee (MT) atau Officer Development Program (ODP), gajinya berkisar Rp6 juta per bulan.

3. PT Pertamina (Persero)

PT Pertamina memang dikenal menggaji karyawannya dengan upah yang besar. Ada berbagai posisi di BUMN yang satu ini. Posisi inilah yang akan menentukan besaran gaji yang diterima karyawan. Gaji karyawan Pertamina bisa diperinci sebagai berikut. Gaji site engineer berkisar Rp30 juta-Rp33 juta Gaji engineer berkisar Rp19 juta-Rp21 juta Gaji reservoir engineer berkisar Rp21 juta-Rp32 juta Gaji chief supply chain berkisar Rp63 juta-Rp68 juta Gaji manager IT solution berkisar Rp57 juta-Rp62 juta Gaji administrasi berkisar Rp19 juta-Rp21,07 juta Gaji staf akuntansi berkisar Rp9,6 juta-Rp10,5 juta Gaji petugas SPBU berkisar Rp1,9 juta-Rp5,1 juta

4. PT KAI

PT Kereta Api Indonesia (KAI) juga merupakan salah satu perusahaan BUMN yang dinanti lowongannya oleh jobseeker. PT KAI berani memberi gaji hingga Rp13 juta per bulan untuk yang melamar sebagai masinis.

Sementara itu, gaji tertinggi yang ditawarkan PT KAI buat posisi Executive Vice President, yaitu sebesar Rp42,5 juta. Lalu ada posisi manajemen sebesar Rp17,9 juta, Senior Manager sebesar Rp28,4 juta, dan General Manager Rp28,5 juta. Jumlah gaji besar ini belum termasuk dengan THR dan ulang tahun yang masing-masing mendapatkan tunjangan sebesar satu kali gaji. Ada juga tunjangan lain, seperti tunjangan rumah, transportasi, dan tunjangan rekreasi.