Rekomendasi 5 Makanan yang Manis dan Sederhana untuk Berbuka Puasa

Makanan56 views

Saat Ramadan tiba, tentunya makanan yang manis sering kali menjadi pilihan utama untuk berbuka. Apalagi, tagline berbuka dengan yang manis adalah salah satu istilah yang cukup sering diingat saat Ramadhan tiba.

Sebenarnya, memilih makanan manis saat berbuka juga tidak boleh sembarangan, karena bisa saja berdampak bagi kesehatan. Lalu, apa saja makanan manis yang sederhana untuk berbuka? Simak jawabannya berikut ini.

6 Makanan yang Manis dan Sederhana Untuk Berbuka

Berikut ini adalah beberapa makanan manis dan sederhana yang dapat Anda jadikan pilihan sebagai menu pembuka untuk berbuka puasa.

Buah Kurma

Buah kurma merupakan salah satu menu takjil yang sehat untuk berbuka karena mengandung gula alami. Selain itu, rasa manis dalam buah kurma ini juga dapat mengembalikan energi Anda yang seharian ini berkurang.

Selain itu, kurma juga bermanfaat untuk menetralkan kadar gula darah dalam tubuh. Anda bisa mengonsumsi tiga butir kurma untuk berbuka sebagaimana sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah.

Cincau Hijau

Mungkin Anda tidak asing dengan cincau hitam yang biasanya menjadi campuran untuk es buah. Sedikit berbeda, cincau hijau ini dibuat dari daun cincau yang memiliki nama ilmiah cyclea barbata tanpa campuran pewarna hitam.

Cincau hijau ini memiliki manfaat untuk meredakan panas dalam, kembung, sembelit, diare dan dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini karena cincau hijau juga mengandung protein, lemak, zat besi, fosfor, vitamin, dan juga serat yang tinggi.

Timun Suri

Salah satu buah yang hanya muncul saat bulan puasa tiba adalah timun suri atau mentimun raksasa. Padahal buah yang masih satu jenis dengan tanaman labu ini bukanlah tergolong sebagai musiman.

Timun suri ini banyak mengandung gula alami seperti fruktosa dan glukosa, sehingga cukup aman bagi Anda yang memiliki masalah gula darah. Selain itu, buah ini juga dapat menyegarkan, menjadi sumber energi, dan juga mencegah sembelit.

Kelapa Muda

Saat berpuasa, tentunya tubuh kita akan mengalami dehidrasi karena kekurangan air. Oleh karena itu, saat waktu berbuka tiba Anda bisa mengkonsumsi kelapa muda ini untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang saat puasa.

Selain itu, air kelapa muda juga dapat menggantikan minuman isotonik kemasan yang biasa Anda temui di supermarket. Sedangkan daging buahnya, kaya kandungan serat dan antioksidan yang bagus untuk menangkal zat beracun dalam tubuh.

Demikian informasi mengenai rekomendasi 5 makanan yang manis dan sederhana untuk berbuka puasa. Apakah salah satu makanan di atas adalah favorit Anda juga untuk berbuka?

Apakah selama bulan Ramadhan ini Anda ingin mengasah kemampuan bahasa Inggris tetapi merasa terlambat karena menjadi mahasiswa dan bekerja? Anda tidak perlu khawatir lagi karena English First saat ini sudah menghadirkan program EF Adults. Yuk segera daftarkan diri sebelum kelasnya penuh!