by

Tahapan Tes Masuk STAN Yang Perlu Diketahui

STAN adalah kepanjangan dari Sekolah Tinggi Akuntasi Negara atau sekarang menjadi Politeknik Keuangan Negara STAN. Sekolah kedinasan ini sudah dari dulu selalu menjadi tujuan favorit bagi lulusan SMA. Kenapa? Karena STAN dianggap sebagai sekolah yang bisa menghasilkan lulusan unggulan dalam bidang keuangan dan perpajakan.

Banyak cara ditempuh oleh teman-teman yang ingin masuk STAN, mulai dari mengerjakan soal-soal Tes masuk STAN tahun sebelumnya hingga mengikuti bimbel masuk STAN yang dipersiapkan oleh beberapa lembaga pendidikan.

So, jika teman-teman adalah penggemar angka dan senang dengan hitung-hitungan uang, maka pilihan teman-teman masuk STAN adalah pilihan yang tepat. Sama seperti perguruan tinggi lainnya, untuk masuk STAN teman-teman harus mengikuti serangkaian tes/ujian terlebih dulu.

Ujian Saringan Masuk (USM) STAN terdiri dari beberapa tahap. Tahap tersebut memang mengalami perubahan selama beberapa tahun terakhir, tetapi untuk garis besarnya sebagai berikut :

  1. Tes Tertulis (TPA atau Tes Potensi Akademik dan Tes Bahasa Inggris)
  2. Tes Kebugaran
  3. Tes Kemampuan Dasar (TKD) yang terdiri dari 100 soal tentang kebangsaan, kepribadian, dan intelegensi umum

Lalu, apa saja syarat dan ketentuan untuk ikut Tes STAN? Yuk kita simak bersama!

Persyaratan Umum Tes STAN 2018

Ada persyaratan umum yang harus teman-teman ikuti sebagai bagian dari persyaratan umum masuk STAN, yakni:

  1. Lulusan SMA/SMK/Sederajat.
  2. Lulusan tahun 2017 atau sebelumnya. Lulusan tahun 2018 tetap diperbolehkan ikut mendaftar.
  3. Untuk lulusan tahun 2018 atau sebelumnya, teman-teman harus sudah punya ijazah.
  4. Untuk lulusan tahun 2019 dan ijazahnya belum ada, teman-teman bisa menggunakan SKHUN atau Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional Sementara yang sudah dilegalisir dari sekolah.
  5. Tidak sedang menjadi mahasiswa atau tidak pernah dikeluarkan dari pendidikan di Politeknik Keuangan Negara STAN atau Sekolah Tinggi Akuntasi Negara.
  6. Berusia minimal 17 tahun dan maksimal 20 tahun pada tanggal 1 September 2018. Usia teman-teman disesuaikan dengan yang tertera di ijazah atau rapor.
  7. Memenuhi persyaratan dari Menteri Keuangan sesuai dengan yang terlampir dalam situs web resmi STAN.
  8. Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah dulu selama proses pendidikan di STAN masih berlangsung.
  9. Kesehatan mental dan fisik yang baik.
  10. Tidak menggunakan narkoba dan sejenisnya, dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter pemerintah/puskesmas.
  11. Mengenai biaya pendaftaran USM STAN, tahun lalu peserta wajib membayar Rp250.000. Untuk tahun 2018, kita masih menunggu informasi dari situs web resmi STAN. Bayaran ini tidak bisa dikembalikan untuk alasan apapun.

Persyaratan Khusus Tes STAN 2018

Kalau tadi teman-teman sudah menyimak persyaratan umumnya, sekarang kita simak persyaratan khusus masuk STAN. Yuk, disimak.

Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) yang harus teman-teman penuhi:

  1. Untuk lulusan tahun 2018 dan sebelumnya, teman-teman harus punya nilai rata-rata ujian tulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00
  2. Untuk calon lulusan tahun 2019, teman-teman harus punya nilai rata-rata rapor untuk komponen Pengetahuan pada 5 semester (semester ganjil dan genap untuk kelas X sampai XII, dan semester ganjil kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 atau 2,80 dengan skala 4,00, dengan syarat pada saat pendaftaran ulang teman-teman sudah dinyatakan lulus dan punya ketentuan nilai seperti di atas.

Memperbanyak latihan soal dapat membantu teman-teman lebih siap mengerjakan soal Tes masuk STAN. Untuk memaksimalkan usaha teman-teman, ikuti bimbel masuk STAN yang diselenggarakan oleh Ruangguru. Di situ teman-teman akan mendapatkan pembahasan soal-soal tes masuk STAN dan juga disediakan  forum untuk konsultasi dari para mentor yang ahli.

News Feed