by

Tugas Dokter Spesialis Penyakit dalam Psikosomatik

Berbicara mengenai sehat pikiran pasti langsung melayang menuju pada perubahan pola hidup. Kesehatan tidak hanya berbicara satu aspek. Melainkan berambah pada bagian lain yang semuanya berhubungan. Elemen itu tidak lain ialah kejiwaan. Seperti yang dikatakan UNESCO bahwa sehat berarti keadaan seseorang yang bisa menyeimbangkan antara fisik serta psikologi. Ketika kedua bisa dilakukan secara beriringan. Otomatis Anda dalam keadaan sehat. Namun, di era seperti sekarang healthy menjadi pokok pembahasan yang tidak ada habisnya. Kemudian apa hubungannya dengan dokter spesialis penyakit dalam psikosomatik ? Apa saja tugas mereka?

Seperti yang sudah diketahui bahwa dua aspek di atas saling terkait. Tepat! layaknya sistem dimana satu bagian mengalami masalah. Maka berdampak buruk pada bagian lain. Mereka yang mempunyai gangguan kesehatan secara otomatis memberi pengaruh yang cukup kuat untuk kejiwaan mereka. Sehingga para pasien ini membutuhkan dampingan psikiater. Selain itu, semangat dari lingkungan keluarga juga dibutuhkan. Tujuannya sama yaitu mempercepat penyembuhan sekaligus memperbaiki psikis.

Era globalisasi seperti sekarang membuat setiap orang mempunyai peluang sama untuk terkena penyakit. Hal yang kemudian mengilukan ialah ketidaksiapan mereka dalam menanggung penyakit. Tidak jarang gangguan kesehatan ini membuat mereka terpikir dan membuat kondisi kain buruk. Padahal secanggih apapun pengobatan ketika tidak ada niat dari dalam diri untuk sembuh. Maka semuanya sia-sia. Apalagi ketika diperparah dengan tidak adanya dukungan dari orang-orang terdekat. Hal ini menjadi kenyataan yang berat untuk para pasien. Maka dari itu biasanya para spesialis psikosomatik berkomunikasi pada keluarga sekaligus pasien.

Mereka akan membuat si pasien membuka diri. Meluangkan waktu untuk berbicara. Sekaligus memberi edukasi pada keluarga. Pasalnya, mereka yang terkena gangguan penyakit dalam seperti diabetes membutuhkan pemahaman yang lebih. Jadi, ketika salah satu keluarga yang tidak bisa memahami perasaannya itu akan membuat si pasien kepikiran. Poin inilah yang harus dihindari. Sebab kelemahan sistem tubuh bertumpu padanya. Selain itu konsultasi dan memberikan waktu si pasien untuk mengobrol merupakan cara terbaik untuk dia menghilangkan rasa cemas.

Pembahasan mengenai kesehatan terus berjalan hingga sekarang. Apalagi jika dilihat sekarang semuanya bidang hampir berubah. Kejadian tersebut mau tidak mau memberi dampak yang cukup besar bagi perubahan pola hidup seseorang. Mereka yang dulu berolah raga sekarang mulai kurang melakukan aktivitas fisik karena tuntutan pekerjaan. Sebagian dari Anda bahkan rela semalam suntuk duduk di depan komputer hanya untuk menyelesaikan pekerjaan. Padahal tubuh membutuhkan istirahat guna melakukan regenerasi. Sehingga keesokan harinya Anda bisa bangun dalam keadaan fresh.

Semakin diperparah dengan konsumsi makanan secara asal. Dimana komposisi menu tidak diperhatikan. Nasi lauk mie sekaligus oseng kentang. Jika dilihat 3 menu itu mengandung karbohidrat. Memang pada dasarnya karbo menjadi sumber energi paling baik. Namun, tidak menjadi baik karena semua itu tidak didukung dengan olah raga yang sesuai. Yang ada semua karbo menumpuk membuat badan lemas dan rasa kantuk. Ketika hal ini terus dilakukan penyakit diabetes menjadi salah satu ancamannya. Berikut ini beberapa tugas dari dokter spesialis penyakit dalam psikosomatik:

  1. Mengurangi tekanan pada diri pasien. Bertujuan agar si penderita tidak memikirkan banyak hal yang bisa membuat kesehatan tambah buruk.
  2. Mengajak ngobrol guna menghilangkan rasa cemas. Bisanya mereka meminta bantuan keluarga.
  3. Kedekatan antara dokter spesialis dengan pasien juga menjadi tugas dan tanggung jawabnya.

News Feed